Mengenal Kain Taffeta

ain taffeta yang umum dipakai untuk bahan gaun pengantin awal mulanya terbuat berbahan sutra, namun saat ini telah ada kain taffeta yang terbuat dari serat nilon serta rayon. Kain taffeta di kenal sebagai kain elegan serta high-end baju. 

Sesungguhnya arti awal taffeta datang dari Persia yang bermakna memutar serta tenun. Sistem produksi pembuatan kain ini awal mulanya memakai alat tenun manual, jalan dengan perubahan tehnologi tekstil yang maju cepat, mulai sejak 1990 kain taffeta telah di produksi dengan alat tenun mesin tepatnya di daerah Bangalor. Sekarang ini product kain taffeta yang merajai pasar yaitu product dari Prancis, Italia, serta Inggris. 

Tanda-tanda kan taffeta diantaranya sedikit kaku, bila digesekan bakal membuahkan nada gemerisik serta mempunyai kilau yang begitu khas. Kain taffeta biasanya cuma polos saja namun kain ini mempunyai alur tenun yang tampak terang hingga tampak seperti motif. Untuk taffeta memiliki bahan sutra (silk taffeta) mempunyai keunggulan kain lebih lembut serta lebih bercahaya di banding dengan taffeta yang terbuat dari serat nilon atau rayon. 

Perawatan kain taffeta beragam, bergantung dari jenih bahan baku yang dipakai. Untuk taffeta memiliki bahan sutra (taffeta silk) dianjurkan dicuci lewat cara dry clean. Karna umumnya kain taffeta umumnya dipakai untuk gaun pesta, gaun pernikahan tambah baik dalam membersihkan diserahkan ke tempat yang telah professional.

Komentar