7 Jenis dan Macam Kain Satin Yang Bagus dan Di Rekomendasikan

1. Jenis Satin Duchesse atau Satin Bridal
Untuk anda yang memutuskan membuat gaun dari bahan satin, maka jenis ini adalah pilihan yang bagus. Seing kali jenis kain ini di gunakan untuk membuat baju gaun pengantin. Kata Duchesse merupakan bahasa peranci yang berarti bangsawan, beberapa juga ada yang menyebut dengan istilah satin bridal.
Kelebihan dan Kekurangan : Agak berat, kaku dan mengkilap
Harga Satin Duchesse (Bridal) : Range Rp.50.000 - Rp.150.000

faconne satin bermotif yang bagus
Jenis Faconne

2. Jenis Faconne Satin atau jacquard satin
Beberapa beranggapan bahwa satin sangat tidak cocok bila memiliki motif, nah ini merupakan anggapan yang keliru. Bila anda menginginkan jenis kain satin yang bermotif dan yang bagus maka jenis ini adalah pilihan yang tepat untuk anda.
Motif : Bergaris-garis, paisley, atau desain lainnya.
Kelebihan dan Kekurangan : Memiliki berat dan kualitas yang beragam, lebih lembut dan tidak sekaku jenis Duchesse.
Harga Satin Faconne : Rp.0 (Pending)
Satin Slipper - kain untuk sepatu dan sandal ballet
Contoh Jenis Slipper

3. Jenis Satin Slipper
Jenis ini memang cukup unik, umumnya digunakan sebagai bahan baku membuat sepatu. Bila anda pernah mengenakan atau melihat sepatu balet, kebanyakan juga terbuat dari jenis ini.
Kelebihan  : Dapat dicelup, digunakan untuk bahan pelapis sepatu, Dapat dijadikan bahan sepatu ballet
Harga Satin Slipper : Rp.0- (Pending)
Satin Delustered
Contoh gambar satin delustered

4. Jenis Satin Delustered
Jenis ini memiliki nama perancis yaitu "peau de soie" atau dalam bahasa indonesia dapat di artikan dengan kulit sutra. Bila dibandingkan dengan jenis lain mungkin ini yang paling berbeda, selain ringan ternyata jenis ini ternyata tidak berkilau seperti satin pada umumnya.
Kelebihan : Memiliki tekstur bahan yang ringan, dan umumnya mengkilap pada kedua sisi bahan
Harga Satin Delustered : Rp.0- (Pending)

Jenis Satin Damask
Contoh pola pada satin damask

5. Jenis Satin Damask
Salah satu jenis yang di gemari adalah jenis ini, satin damask memang terkenal dengan pola pola yang indah dan cantik. Selain itu penggunaan sutra disertai desain floral yang terbilang rumit membuat penggunanya tampak elegan dan anggun.
Kelebihan : Terkenal dengan pola bahan yang rumit, Memiliki pola timbul dari bahan beludru, Tetap memiliki kesan mengkilap pada bahan
Harga Satin Damask : Rp.0- (Pending)

Jenis Satin Cloth
contoh satin cloth bahan wol sintetis

6. Jenis Satin Cloth
Jenis ini memiliki nama lain "satin de laine" atau bila di artikan dalam bahasa indonesia berarti satin wol. Jenis kain ini di proses dengan wol perancis dan di tenun dengan teknik satin. Sangat populer untuk bahan gaun dan blouse.
Kelebihan : Sisi luar kain terasa lebih halus, terkenal karena bahannya kuat dan awet, Bahan tampak mengkilap dan bercahaya
Harga Satin Cloth : Rp.0- (Pending)
jenis sateen
contoh kain sateen
7. Jenis Sateen
Jenis kain ini menggunakan bahan rayon atau katun (baca : apa itu kain katun). Uniknya masyarakat kita menganggap kain ini adalah satin, sebenarnya ada perbedaan dari kedua jenis tersebut. Ulasan ke-7 ini akan sedikit berbeda, karena kita akan membahas perbedaan dan persamaan satin dan sateen.

Persamaan ;
Sama sama dibuat dengan teknik weave sehingga sama sama berkilau dan glossy.

Perbedaan ;
Perbedaan mendasar adalah pada penggunaan bahan serat, bila Satin menggunakan serat filamen semisal sutra, nilon ataupun polyster. Sateen menggunakan serat cotton ataupun Short-Staple.
7 jenis dan macam di atas memang yang paling umum dan banyak digunakan oleh masyarakat kita. Sebenarnya masih terdapat jenis lain seperti satinet yang merupakan jenis kain satin yang sangat tipis dan terbuat dari filamen sutra. Juga ada abutay yang tidak terlalu mengkilap, namun kaku dan tipis.

Ternyata jenis satin itu memang beragam, banyaknya pilihan semakin memanjakan para konsumennya. beberapa harga di atas masih bersifat pending, bila anda memilik informasi harga untuk jenis kain di atas, pastikan untuk menghubungi kami untuk melengkapi informasi dalam artikel ini. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita tentang jenis dan macam kain satin yang bagus untuk di pilih sesuai fungsinya.

Komentar

  1. Thanks for sharing.. Butuh bahan satin velvet berkualitas untuk membuat gamis dan hijab?.. Kunjungi toko kain online kami dan dapatkan penawaran menarik lainnya.. Regards : Fitinline..

    BalasHapus

Posting Komentar