Ketidaksamaan Pada Kain Sutra serta Kain Satin



Perbedaan Antara Kain Sutra dan Kain Satin

Sutra serta satin yaitu dua bahan yang banyak dipakai karna tingkat kehalusan nya. Walau ke-2 type kain ini agak serupa serta mempunyai penampilan yang sama, dua kain ini sangat tidak sama.
Sutra alam yaitu bahan alami, sedang satin yaitu bahan sintetis atau buatan. Sutra terbuat dari kepompong yang dibuat oleh ulat sutra. Serat di ambil dari kepompong serta di buat jadi benang, yang lalu ditenun jadi kain yang begitu halus. Satin adalah product yang bisa di produksi dari beragam type bahan seperti sutra, nilon serta poliester.

Bila kita memperbandingkan sutra serta satin, bisa tampak bila sutra mempunyai banyak keunggulan. Serat sutra lebih panjang, serta lebih tahan lama dibanding satin. Serat satin lebih halus di banding sutra apabila kita bicara soal
perawatannya, jadi kita butuh memberi perlakuan yang lebih padakain satin.

Kain sutra alam Garut
Sutra, yang disebut serat protein alami, mempunyai tampilan yang berkilauan. Satin mempunyai permukaan mengkilap di satu segi serta agak kusam di segi yang lain. Timbulnya dampak kemilau sutra yaitu karna susunan kain yang berupa prisma, yang membiaskan sinar, sampai dapat menghasilkan beragam warna. Satin terbuat dari beberapa serat yang mengapung (interlacing). Hal semacam ini memberi penampilan mengkilap serta permukaan yang halus pada kain satin.


Asal muasal ke-2 kain itu keduanya sama dari Cina. Kain sutra datang dari peradaban cina kuno (peluang pada awal 6000 SM), sedang satin diperkembang pada Era Pertengahan. Satin mulai di kenal di pelabuhan Cina Zaitun (Quanzhou) di propinsi Fujian dimana beberapa pedagang Arab beli kain.

Benang sutra begitu susah untuk dibuat, satu untaian tunggal dari benang sutra memerlukan beberapa ribu kepompong ulat sutra. Hal semacam ini bikin harga kain sutra lebih mahal bila dibanding dengan kain satin. Karna Satin terbuat dari serat sintetis, cost yang diperlukan untuk membuatnya jadi lebih rendah apabila dibanding dengan sutra.

Satin bisa berkurang atau mengembang semakin besar dari sutra saat diselupkan di air panas. Kain sutera bisa menahan air panas untuk saat yang lama, kerena mempunyai serat yang kuat. Kain sutra bisa dicuci memakai tangan menggunakan air dingin serta dianjurkan untuk hindari meremas-remas kain karna bisa merusaknya. Kain satin mesti dibikin bersih waktu kering atau Dry Clean.

Ringkasan
Sutra yaitu product alami sedang satin yaitu product sintetis.
Sutra terbuat dari kepompong. Satin bisa di produksi dari beragam type bahan seperti sutra, nilon serta poliester.
Sutra lebih tahan lama dibanding satin
Sutra mempunyai penampilan yang berkilauan, satin penampilannya condong glossy.

Komentar

  1. Setahu saya satin itu lebih minim perawatan, bisa di mesin cuci juga, dan lebih awet karena serat sintetis. Perbedaan signifikan hanyalah di kemewahan. Jelas sintetis banyak unggulnya karena mudah dimodifikasi sesuai kebutuhan.

    BalasHapus

Posting Komentar